Cara Mencungkil Buah Kelapa Dengan Mudah

Hai sahabat petani, kali ini saya akan membuat tulisan tentang cara mencungkil buah kelapa dengan mudah. Mungkin bagi Anda yang belum pernah melihat atau mencoba mencungkil buah kelapa, akan sangat kesulitan jika Anda baru mencobanya. Ya, meskipun kelapa yang Anda cungkil hanya satu buah.

Untuk itulah saya membuat tulisan ini. Dengan harapan Anda menjadi terbantu, dan lebih mudah mengetahui cara mencungkil kelapa dengan mudah dan benar. Baiklah, tak panjang lebar lagi, ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

1. Persiapkan alat

Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan alat yang diperlukan untuk mencungkil kelapa. Namun yang perlu diingat bahwa tidak sembarangan alat yang bisa Anda gunakan. Sebab dengan alat yang salah, Anda akan kesulitan menggunakannya. Untuk alatnya silahkan lihat dibawah ini.


mencungkil kelapa

Dengan alat khusus ini, tentunya proses pencungkilan Anda akan lebih mudah lagi.

Harga alat pencungkil kelapa seperti ini cukup murah. Silahkan beli di SINI

2. Belah kelapa menjadi 4 bagian

Agar mempermudah proses pencungkilan, selain mempersiapkan alat yang tepat Anda harus membelah kelapa menjadi empat bagian seperti gambar di bawah ini.




Dengan membelah kelapa menjadi empat bagian seperti itu, terkadang daging kelapa sudah tercabut dari tempurungnya. Jika pun belum, paling tidak ada sebagian sisi daging yang tercabut.

Jika demikian, ini akan memudahkan Anda, karena daging yang menempel di tempurung tidak terlalu banyak lagi sehingga kekuatan tempelnyapun tidak terlalu kuat. Jadi, tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencungkilnya.

3. Mulailah dari bagian yang dekat dengan tangkai

Tahap ketiga ini, cungkillah daging kelapa dimulai dari bagian yang dekat dengan tangkai. Lihatlah gambar di bawah ini.




Mengapa demikian? Karena daging pada bagian yang dekat dengan tangkai itu, memiliki ukuran yang lebih tipis dibanding daging yang dekat dengan ujung ekor kelapanya.

Jadi, daging yang lebih tipis ini tentunya lebih mudah dicungkil. Barulah setelah bagian ini terpisah dari tempurungnya, Anda bisa mencungkil bagian yang lainnya.

4. Selesai

Setelah Anda mencungkil ke semua bagian daging kelapanya, berarti langkah ini telah selesai. Untuk hasilnya silahkan lihat gambar berikut.




Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah siap mempraktekkannya? Dan jika Anda sudah mempraktekkannya, bagaimana hasilnya? Atau Anda mempunyai cara lain mencungkil kelapa yang lebih mudah? Silahkan bagikan disini.

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mencungkil Buah Kelapa Dengan Mudah"

  1. Pak, spesifikasi alat spt apa, dan bs diperoleh dmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. alat terbuat dari besi dibengkokkan, terus diberi gagang gitu pak,, banyak dijual dipasar, tempat penjualan parang, pisau, dll.. :)

      Delete

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)